Senin, 15 September 2008

HAMIL MUDA

Subhanallah, maha suci Allah yang menjadikan berbagai macam keunikan dan kekhasan dalam setiap peristiwa.
Saat ini kehamilan memasuki minggu ke-7, dan sejak minggu lalu saya mulai menikmati indahnya mual-mual dan muntah dari yang biasa sampai yang luar biasa.

Sejak 2 hari lalu akhirnya yang menjadi bacaan kita sepulang dari kantor (maklum ga punya TV) ga lagi berkutat dari koran-koran, tugas-tugas atau buku-buku agama umum. Namun sudah bertambah dengan buku-buku tentang kehamilan. Ada 2 buah buku yang menjadi favorit saya menyangkut kehamilan ini:
1. Hamil, siapa takut?, terbitan puasa Al Kautsar. Membahas masalah A-Z tentang kehamilan dan janin dari segi Fiqih. Meliputi perkembangan janin, hukum-hukum berkenaan dengan segala sesuatu dari hamil sampai lahir, sampai kepada bid’ah-bid’ah yang tercela
2. Pertanyaan-pertanyaan seputar ibu hamil, karya seorang doktor dari negeri Jiran (Malaysia). Yang ini menjadi favorit saya karena membahas dari sisi kesehatan tentang perkembangan janin dan kondisi ibu dari trimester 1 sampai akhir

Untuk kondisi saya, kebetulan termasuk yang cukup beragam. Secara fisik belum ada perubahan apa-apa memang, malah berat badan turun 1kg dari minggu lalu. Mengikuti nasihat dokter, saya jadi tertarik mendokumentasikan perkembangan-perkembangan yang dialami setiap bulan. Dalam masa hamil muda saat ini, berikut hal-hal yang saya rasakan:
1. Cenderung cepat lelah
2. Nafsu makan sangat menurun
3. Sangat sensitif terhadap bau-bauan sekecil apapun, dan langsung bereaksi ingin muntah
4. Jadi tambah ga betah lihat ada yang berantakan dikit aja
5. Perasaan mual juga bisa datang kalau melihat sesuatu yang sangat berantakan, tempat tidur yang kurang rapi, serta barang-barang yang tidak pada tempatnya, walau barang2 ga penting (halah..)
6. Jadi hobby ngabsenin barang2 kalau di rumah. tiba-tiba inget ini, inget itu.. ada dimana ya letaknya dst dst. Padahal ga penting (kecian suamiku)
7. Tiba-tiba pengen makan suatu jenis makanan karena seharian ga makan-makan, begitu makanannya udah di depan mata, dimakan trus beberapa jam kemudian dimuntahkan (hehehe..)

Begitulah. jangan tanya susu ya, apalagi benda satu itu, bisa memicu mual walau belum diminum. Sekarang ini berusaha menikmati dengan senikmat-nikmatnya. Kalau perutnya belum mau makan, ya udah.. paksa pelan-pelan aja, dikit-dikit. Bahkan makan pagi sekarang ini bisa 3 jam (dan setelah makan dimuntahin lagi hehehe)

Kita liat aja ya, selera makannya menguap begini sampai berapa lama. Doakan aja ya saya dan janin sehat-sehat selalu. Suatu saat nanti mungkin masa-masa ini akan menjadi kenangan yang sangat indah. Ga bisa makan euy, jarang-jarang lho…. biasanya aja tukang makan.. hehehe

Tidak ada komentar: